Menumbuhkan Kebaikan

Penulisan.

shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
shape
image

Oleh : Ardi Wardianto

Ada kalanya kesederhanan kecil terkadang tidak diperhitungkan menjadi nilai tambah di mata Allah SWT walaupun manusia tidak menilainya. Justru nilai itu  bisa menjadikan setiap amal yang kita lakukan dengan ikhlas dan tanpa pamrih. Kita sering menganggap melakukan kebaikan dengan mencari amal amal besar padahal amal amal besar merupakan akumulasi dari amal amal kecil yang kita cari dan amalkan di kehidupan sehari-hari.

Nilai kebaikan ibarat tanaman semakin kita memberi pupuk organik maka tanaman akan tumbuh subur dan sehat sama halnya dengan kebaikan apabila kita berikan dengan rasa ikhlas maka kebaikan itu bisa menjaga diri kita dan menambah timbangan amal di akhirat nanti. Kebaikan itu perlu di jemput tidak hanya sekedar kita menunggu lalu didapatkan apabila menginginkan amal amal berlipat maka jemputlah kebaikan itu jangan sampai kita lamban dalam menghadapinya.

Persiapan diri merupakan faktor utama untuk menjemput kebaikan sebab momentum itu datangnya tiba tiba apabila kita tidak siap maka momentum besar yang ada kita tidak bisa manfaatkan untuk mengambil bagian dalam kebaikan.Amal besar itu berawal dari mimpi besar apabila manusia hanya bercita-cita rendah dan berjiwa kerdil sulit untuk mengambil peran-peran kebaikan. Allah SWT menjelaskan dalam firmannya bahkan kebaikan itu harus disegerakan.

Rasulullah juga pernah bersabda : orang cerdik adalah orang yang mampu menaklukan hawa nafsunya dan melakukan persiapan setelah kematian sedangkan orang bodoh adalah orang yang megikuti hawa nafsunya dan berangan-angan mengharap pertolongan Allah SWT. Maka pesan ini kita jangan lamban untuk melakukan kebaikan jangan menunggu waktu untuk melakukan perbuatan yang baik dan jangan mengulur-ulur kesempatan dengan mengatakan “nanti saya pasti akan". Justru sebenarkan ketika kita memberi maka kebaikan itu akan kembali pada diri kita sendiri.

Jangan sampai amal amal yang dilakukan kita anggap kecil walaupun sekedar memberikan minum menyingkirkan batu dijalan menolong semut terpleset jatuh di air mungkin amal itu justru bisa mengantarkan kita menuju jannah.  Abdulloh bin Mubarok Rohimahulloh berkata : “Berapa banyak amalan kecil akan tetap menjadi besar karena niat pelakunya dan berapa banyak amalan besar menjadi kecil karena niat pelakunya”

Luruskan niat apabila kita akan melakukan kebaikan atau jika belum bisa melakukan kebaikan tahanlah tangan dan lisan kita supaya yang dilakukan tidak menyakiti saudara kita atau mungkin justru dengan ini bisa bernilai baik disisi Allah SWT. Mari kita selalu perbaiki niat menjaga fikiran dan perilaku kita untuk menjaga nilai kebaikan kebaikan.

.

Dapatkan solusi kebutuhan Anda

Diskusikan dengan CS kami!

0822-5000-0603